Selasa, 14 Mei 2019

Psychology Communication - Bagaimana Pemahaman Terhadap Psikologi Dapat Membuat Proses Penyampaian Pesan

TUGAS TAKE HOME
ULANGAN TENGAH SEMESTER
PSIKOLOGI KOMUNIKASI





Dosen Pengampu: Ayang Fitrianti, S.S, M.I.Kom


Arif Budi Hartono (G.311.17.0060)
PROGRAM STUDI S1-ILMU KOMUNIKASI

JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS SEMARANG

TAHUN AJARAN 2019 




1. Konsep Manusia Dalam Behavioristik

Para ahli psikologi behavioristik memandang manusia tidak pada dasarnya baik atau jahat.Para ahli yang melakukan pendekatan behavioristik,memandang manusia sebagai pemberi respons(responder),sebagai hasil dari proses kondisioning yang telah terjadi.

►Dustin & George(1977),yang dikutip oleh George & Cristiani(1981),mengemikakan pandangan behavioristik terhadap konsep manusia,yakni: 

1. Manusia di pandang sebagai individu yang pada hakikatnya bukan individu yang baik atau yang jahat,tetapi sebagai individu yang selalu berada dalam keadaan sedang mengalami,yang memiliki kemampuan untuk menjadi sesuatu pada semua jenis perilaku.
2. Manusia mampu mengkonseptualisasikan dan mengontrol perilakunya sendiri.
3. Manusia mampu memperoleh perilaku yang baru.
4. Manusia bisa mempengaruhi perilaku orang lain sama halnya dengan perilakunya yang bisa dipengaruhi orang lain.

►Ivey,et al(1987) 

mengemukakan bahwa pernah para pendukung pendekatan behavioristik merumuskan manusia sebagai manusia yang mekanistik dan deterministik,dimana manusia dianggap bisa dibentuk sepenuhnya oleh lingkungan dan sedikit memiliki kesempatan untuk memilih.Namun pendekatan behavioristik yang baru,menitikberatkan meningkatnya kebebasan dan pilihan melalui pemahaman terhadap dasar-dasar perilaku seseorang.

►Corey(1991)

mengemukakan bahwa pada terapi perilaku,perilaku adalah hasil dari belajar.Kita semua adalah hasil dari lingkungan sekaligus adalah pencipta lingkungan.tidak ada dasar yang berlaku umum bisa menjelaskan semua perilaku.karena setiap perilaku ada kaitanya dengan sumber yang ada di lingkungan yang menyebabkan terjadinya sesuatu perilaku tersebut.

►Albert Bandura(1974,1977,1986)

terkenal sebagai tokoh teori sosial-belajar,menolak suatu konsep bahwa manusia adalah pribadi yang mekanistik dengan model perilakunya yang deterministik.Pengubahan(modifikasi)perilaku bertujuan untuk meningkatkan kemampuan seseorang agar jumlah respon akan lebih banyak

2. Jelaskan dan Berikan Contohnya Mengenai Id, Ego, dan Super Ego


➢ Id 

komponen kepribadian yang berisi impuls agresif dan libinal, dimana sistem kerjanya dengan prinsip kesenangan “pleasure principle” contoh: Fika diberi uang pembayaran SKS oleh ayahnya. suatu hari Fika melihat jam tangan di salah satu toko tetapi Fika uang Fika tidak cukup.

➢ Ego

bagian kepribadian yang bertugas sebagai pelaksana, dimana sistem kerjanya pada dunia luar untuk menilai realita dan berhubungan dengan dunia dalam untuk mengatur dorongan-dorongan id agar tidak melanggar nilai-nilai super ego. contoh: Fika ingin membeli jam tangan di salah satu mall. tetapi uang ia tidak mencukupi, dan ia harus menabung dulu untuk mendapatkan jam tangan tersebut.

➢ Superego

bagian moral dari kepribadian manusia, karena ia merupakan filter dari sensor baik- buruk, salah- benar, boleh- tidak sesuatu yang dilakukan oleh dorongan ego. contoh: Fika diberi uang sks oleh ayahnya, ia melihat salah satu toko jam tangan di mall. Fika berpikir, kalau ia memakai uang sks tersebut, ia tidak bisa membayar sisa Sks 


3. Asma nadia

Sosok wanita satu ini bisa dikatakan menjadi inspirasi bagi banyak anak muda di Indonesia melalui novel-novelnya. Dialah Asma Nadia. Siapa dia? Asma Nadia merupakan salah satu penulis novel dan cerpen kenamaan asal Indonesia.

Ia adalah salah satu penulis wanita yang mampu menarik perhatian masyarakat dengan karya-karya yang fenomenal. Beberapa dari novelnya bahkan diangkat ke layar lebar menjadi sebuah film.

Tulisan-tulisannya telah banyak yang dipublikasikan ke dalam buku yang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Biografi dan profil Asma Nadia diisi dengan prestasi dan perjalanan hidup meraih kesuksesan yang telah dirintisnya sejak masih kanak-kanak. Bakatnya dalam bidang menulis sudah tumbuh sejak ia duduk di bangku sekolah dasar.

Kepiawaiannya merangkai kata menjadi untaian kalimat yang bermakna seperti sebuah anugrah yang telah didapatnya sejak lahir. Keuletannya untuk terus mengasah kemampuan menulis menjadikan ia sukses menjadi salah satu penulis terkenal dengan deretan karya yang berkualitas

4. LARRY A. SAMOVAR dan RICHARD E. PORTER

mengemukakan 6 unsur budaya yang secara langsung mempengaruhi persepsi kita ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain. Sebutkan tiga unsur saja disertai dengan contohnya!

• Kepercayaan (beliefs), nilai ( values ), sikap ( attitude ). contohnya: seperti saya memiliki kepercaya atau agama yang berbeda dengan lawan bicara saya, maka pesan yang diterima akan berbeda karena perbedaan agama.

• Pandangan dunia ( world view ). contohnya: pandangan dunia terhadap suatu hal, seperti hal nya kita, cara kita memandang dunia dan memahami masyarakat dapat mempengaruhi persepsi kita dalam berkomunikasi.

• Persepsi tentang diri dan orang lain ( perseption of self and other ). contohnya: kita menganggap diri kta sebagai orang yang kurang cakap, maka kita akan menjadi tidak percaya diri dalam berkomunikasi. 


5. MARK L. KNAPP

menyebutkan lima fungsi pesan non verbal, sebutkan fungsi tersebut disertai dengan contohnya.

• Repetisi – mengulang kembali gagasan yang sudah disajikan secra verbal.
 contoh: mengulang apa yang dikatakan

• Substitusi – menggantikan lambang – lambang verbal.
 contoh: seperti melambaikan tangan, bersalaman, dan bentuk-bentuk non verbal lainnya.

• Kontradiksi – menolak pesan verbal atau memberikan makna lain terhadap pesan verbal.

• Komplemen – melengkapi memperkaya makna pesan verbal.

• Aksentuasi – menegaskan pesan verbal atau menggarisbawahinya.
contoh: memberkan penekanan pada intonasi kata-kata. 

6. The Helo Effect

Salah satu bias kognitif yang dimana kesan seleruhan pengamat seseorang, perasaan dan pikiran tentang karakter entitas atau sifat pengamat. istilah "helo" yang digunakan dalam analogi dengan konsep agama : lingkaran bercahaya yang dapat dilihat melayang di atas kepala orang orang kudus di banyak abad pertengahan dan renaissance lukisan. 

Contoh helo effect : ketika di jalan anda bertemu pertama kali dengan seseorang yang ketika dia melihat anda, dia seketika tersenyum dan saat itu pula anda persepsikan orang itu orang yang ramah atau murah senyum walaupun baru saat itu bertemu pertama kalinya. itulah yang dinamakan efek halo dimana persepsi anda pertama kali saat melihat orang yang baru anda temui 

7. Analisis yang Berkaitan dengan ranah Psikologi Komunikasi pada Gambar "Featured Image"

Psikologi juga tertarik pada komunikasi diantara individu : bagaimana pesan dari seorang individu menjadi stimulus yang menimbulkan respon pada individu lainnya.Komunikasi sangat esensial untuk pertumbuhan kepribadian manusia. Kurangnya komunikasi akan menghambat perkembangan kepribadian. Komunikasi amat erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia. Dalam featured image tersebut adanya dua orang yang sedang saling duduk bersama dan lelakinya melakukan ekspresi wajah dan gerakan tubuh dengan lawan bicara yang hanya diam dan melakukan ekspresi wajah datar tidak menanggapinya. 




DAFTAR PUSTAKA 



0 komentar:

Posting Komentar